Monday, December 29, 2014

Pejuang ASI

Menyusuilah dengan keras kepala. Berkali-kali kalimat itu diucapkan temanku, Fey, menyemangatiku untuk memberikan ASI eksklusif untuk Zetta. Repot memang membayangkan harus berjibaku dengan aktivitas pumping disela-sela bekerja nanti. Tapi kok rasanya seperti menyia-nyiakan anugerah Allah, karena diluar sana ada banyak ibu yang bersedih karena ASI yang tidak keluar. Sementara aku, walaupun tidak melimpah ruah alhamdulillah kebutuhan ASI Zetta tercukupi.

Selain itu, dari sisi ekonomis tentu saja ASI lebih hemat dibandingkan dengan harga sufor. Hanya perlu biaya diawal untuk membeli pompa ASI, cooler bag, dan botol kaca khusus menyimpan ASIP.

Akhirnya setelah banyak mencari info tentang manajemen ASIP, aku memutuskan untuk stok ASIP dari sekarang. Mumpung cuti masih sebulanan lagi. Pompa ASI kupilih pompa pigeon manual, dan botol kaca merk BKA yang sudah BPA Free.

Awal-awal memompa agak kesulitan. Hampir nangis liat ASI yang keluar hanya sedikit. Butuh beberapa kali mompa untuk mendapatkan 100ml ASIP. Tapi teringat lagi pesen teman, menyusui dengan keras kepala.

Finally, setelah 2 hari memompa, aku menemukan waktu yang paling tepat memompa ASI, jadwalnya yaitu;
- botol pertama, jam 9 malam dapet sekitar 60ml. Lanjut lagi jam 11 malam sekitar 50ml. Simpen botol ke freezer dengan dilabeli jam dan tanggal diluar botol.
- botol kedua, jam 4 pagi saat Zetta bangun menyusui. Pompa lagi dapetnya 70ml. Lanjut lagi jam 7 pagi sampe botol penuh. Simpen ke freezer.

Begitu seterusnya, dan sekarang sudah 10 botol ASIP ready di freezer. Masih ada waktu sampe 4 februari untuk memompa dengan jadwal ini. Setelah itu jadwal memompa mungkin berpindah ke jam kerja. Karena itu aku sudah memesan cooler bag untuk dibawa setiap kali kekantor. Semangat terus menjadi Pejuang ASI.

2 comments:

  1. selamaaat menjadi busui ya dek mudah2an asi lancar terus biar si kecil sehat.
    dah lama awak tak betandang ke blog ini tapi koq blogspot pulak ini baru ya?

    ReplyDelete
  2. Gak baru sih kak. Pagi td mau buka blogdetik susahnya minta ampun. Dr hp soalnya. Thankyou ya kak...

    ReplyDelete