Thursday, January 1, 2015

Cara Mengatasi Lecet Kemerahan di Lipatan Kulit Bayi

Sebagai Ibu baru aku sangat minim pengetahuan dalam mengurus new born baby. Pernah sesekali ikut mengurus keponakan paling sekedar menggantinya popok, mengajaknya bermain. Hanya itu. Belum ada pengalaman merawat bayi secara mendetil.

Maka itu aku cemas bukan main saat menemukan luka seperti kulit yang lecet, masih basah dan berwarna merah, berukuran lumayan besar untuk ukuran telinganya yang mungil. Saking cemasnya kupikir daun telinganya "terlepas".

2 hari kemudian "luka" yang sama ditemukan dibagian ketiak sebelah kiri. Hadeuuw kenapa ini. Yang membuatku sedikit lega adalah Zetta tidak kesakitan. Saat bagian-bagian itu dibersihkan ketika mandi pun dia ga meronta, tetap anteng.

Setelah cari info sana sini di internet, banyak yang bilang hal semacam itu wajar dialami bayi usia 2 bulan keatas, saat badannya mulai berlipat-lipat. Biasanya kalah oleh keringat. Okelah, Zetta memang sudah 2 bulan.

Cara pengobatannya pun beragam, ada yang bilang harus segera dibawa ke dokter, ada yang bilang dioles krim tertentu, ada yang bilang dibedakin. Aku kok ga yakin semua dengan saran-saran itu. Sampe akhirnya menemukan tulisan pengalaman seorang Ibu yang bayinya mengalami lecet di lipatan leher, dan akhirnya kuikuti saran tersebut.

Yak, cukup dibersihkan. Hanya rajin dibersihkan. Tanpa perlu obat-obatan kimia apalagi dibedakin, bedak hanya akan menambah parah lecet tersebut.

Caranya simpel sekali, saat lecetnya basah (berair), bersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat. Lama-lama lecet akan hilang. Dan itu sungguh bekerja. Lecet dilipatan kulit Zetta sudah berangsur memudar.

No comments:

Post a Comment