Monday, January 12, 2015

Resep Paczki (donat from polandia)

Kesempaian juga membuat paczki. Saat pertama denger nama donat ala polandia ini rada aneh. Kayak nama anak anjing tetangga aja hihih. Tapi ngeliat gambarnya yang empuk menggoda dan fillingnya yang menyembul keluar, bikin liurku naik turun dan ga sabaran mau mencoba. Hanya saja selalu tertunda dan baru sempet sekarang. Yuk simak bahan dan cara buatnya.

Bahan:
3 sdm gula pasir
2 sdm mentega
100 ml susu cair hangat
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk
2 butir telur
1 sdt ragi
220 gr terigu protein tinggi

Bahan isi:  sesuai selera. Boleh selai, atau cokelat leleh.

Cara buat:

Campur gula, mentega susu hangat dalam 1 wadah. Aduk hingga mentega larut. Tambahkan garam dan vanili. Aduk rata.

Masukkan telur (susunya sudah dingin ). Aduk dengan menggunakan whisk hingga tercampur rata. masukkan ragi dan aduk hingga ragi larut.

Ambil 1/4 bagian tepung. Masukkan ke adonan. Aduk rata dengan spatula. Masukkan lagi 1/4 bagian, aduk rata. Masuk lagi 1/4 bagian aduk rata.

Sisa 1/4 bagian tepung taburkan ke wadah/meja  datar. Letakkan adonan diatas taburan tepung. Uleni adonan dengan cara melipat lipat dari bagian pinggir adonan ke tengah adonan. Adonan sangat lengket, karena itu balurkan tangan dengan tepung supaya adonan tidak lengket. Uleni hingga terigu habis dan menyatu dengan adonan.

Olesi wadah mangkok bekas adonan dengan sedikit minyak. Bulatkan adonan dan masukkan ke mangkuk. Tutup dengan serbet untuk diistirahatkan selama 1 jam.

Kepuasan adonan. Giling adonan diatas wadah/meja datar yang sudah ditaburi tepung. Gilingan juga jangan lupa dikaburkan tepung. Gilas dengan ketebalan 1-1.5 cm. Cetak adonan. Untuk cetakan aku menggunakan gelas tupperware.  Diamkan selama 30 menit. Goreng dengan api kecil.

Setelah didinginkan sebentar isi paczki dengan selai atau cokelat. Taburi gula halus.

Untuk isian aku menggunakan cokelat dcc dicampur sedikit susu uht agar cokelat tidak mengeras walaupun sudah dingin.

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment