Tuesday, January 27, 2015

Kamu.

Iya kamu.

Pernah disebut/dipanggil kamu ga oleh orang yang usianya lebih muda? Rasanya gimana? Awalnya aku merasa asing.

Menurutku sebutan KAMU itu ga sopan diucapkan ke yang lebih tua. Dan ternyata aku ga seorang diri. Barusan tadi malam ini, di NCC terjadi perdebatan kecil masalah panggilan kamu. Banyak yang keberatan dengan panggilan kamu karena bisa jadi orang yang diajak bicara ternyata usianya lebih tua. Maka disarankan memanggil pak/bu atau mas/mbak.

Sebenernya aku mau ikutan berpendapat, tapi karena case sudah EOD aku mengurungkan niat.

Tentang kamu. Menurutku beda daerah beda budaya. Seperti di pagaralam, awalnya aku kaget saat dikantor ada pegawai yang masih muda belia menyebut "kamu" ke kepala dinas yang sudah hampir pensiun. Dalam hati hanya bilang "beuww berani amat sama orang tua seperti itu. Ga sopan blas". Eh ternyata aku salah, karena panggilan kamu itu sopan disini. Sering dipakai dalam kalimat yang disertai sebutan panggilan. Misal dalam contoh kalimat berikut:
"Lah udem makan kamu mang?" (Sudah makan kamu mang? )
"berkas ini punya kamu pak?"
Dan lain lain.

Tapi.. walo sudah tau kata kamu itu sopan, aku masih sulit mengucapkan kamu ke yang lebih tua. Rasanya masih terdengar ga sopan ditelingaku. Dan wajar kalau malam ini di NCC banyak yang keberatan dengan panggilan kamu, karena memang dalam pelajaran bahasa Indonesia tidak pernah diajarkan menyebut kamu ke yang lebih tua.

Hmm, anyway, mungkin ada baiknya mereka berkunjung kesini karena budaya tiap daerah berbeda-beda. Bisa jadi seseorang yang tadi berbahasa "kamu" berasal dari daerah sini yang terbiasa menyebut kamu.

No comments:

Post a Comment